Mengagumkan 7 Kota dengan Sistem Transportasi Terbaik

Posted on

Kebayang nggak memiliki kota dengan sistem transportasi yang oke banget dan baik ? Kalau saya membayangkan banget. Tapi apa bisa ya ? Lihat saja negara negara ini, memiliki Sistem Transportasi Terbaik di dunia.Pada saat warga Jakarta terjebak macet tanpa disediakan peralatan transportasi umum yang memadai, di belahan dunia lain masyarakat dilayani dengan sistem transportasi yang nyaman dan bersih. Selain kedua hal tersebut, sistem transportasi itu juga bisa membawa seseorang ke tujuan dengan cepat dan tanpa macet.

Jakarta, mungkin sedang mengkaji sistem transportasi umum yang nyaman dan bisa mengangkut banyak orang. Mungkin, sistem transportasi yang cepat dan nyaman adalah dambaan warga Jakarta bila dibandingkan dengan mempertaruhkan nyawa di metromini, kopaja maupun TransJakarta.

Lalu, sistem transportasi kota mana saja yang patut dicontoh agar membuat masyarakat bisa dengan nyaman memakai alat transportasi? Berikut 7 kota yang dinilai mempunyai sistem transportasi paling bagus di dunia menurut surat kabar Huffington Post

1. Moscow, Rusia

Jika Anda menggunakan metro untuk berangkat kerja di Moscow, Anda tidak mempunyai alasan untuk telat. Reliabilitas dan frekuensi sistem transportasi publik di Moscow menjadikannya salah satu terbaik di dunia. Sistem metro kota tersebut juga dilengkapi dengan stasiun-stasiun yang didesain dengan indah.

Saat ini sistem metro Moscow telah mempunyai 186 stasiun dengan panjang rute 308,7 kilometer. Sistem transportasi di kota ini sebagian besar berada di bawah tanah dengan kedalaman paling panjang adalah 84 meter yaitu di stasiun Park Probedy. Sistem transportasi ini juga menjadi sala satu yang paling padat setelah Tokyo dan Seoul.

2. Wina, Austria

Sistem transportasi publik di Wina menjadi favorit turis selain bentuk alat transportasi yang unik dan menjadi simbol kota tersebut. Sistem transportasi bawah tanah yang disebut dengan U-Bahn ini terintegrasi dari 30 alur dan lebih dari 80 jalur bus yang mengelilingi kota ini.

Sistem tersebut terdiri dari lima jalur bawah tanah, 28 tram dan 85 jalur bus. Dari jumlah tersebut, 24 alur beroperasi pada malam hari yaitu dari 00.30 hingga 05.00. Di akhir pekan dan hari libur, jalur bawah tanah melayani hingga dini hari.

3. Hong KongSistem transportasi publik di kota ini setidaknya telah menyerap semua hal yang dibutuhkan oleh kepadatan metropolitan. Sistem transportasi Hong Kong yang disebut dengan Mass Transit Railway ini telah membantu untuk mengurangi macet. Sistem pembayaran alat transportasi ini menggunakan kartu pintar yang disebut dengan Octopus Card.

Hong Kong juga termasuk salah satu kota dengan rasio penggunaan transportasi publik tertinggi sedunia, yaitu 90 persen. Sementara kartu pintar tersebut juga bisa digunakan untuk membayar parkir, supermarket, minimarket dan restoran cepat saji.

4. Munich, Jerman

Sistem transportasi publik di kota ini terdiri dari jalur bawah tanah yang disebut dengan U-Ban, komuter S-Bahn, jalur tram, dan bus. Sistem transportasi kota ini terkenal dengan efisiensinya dan bisa menjangkau ke semua tempat.

5. Seoul, Korea Selatan

Seoul memang mempunyai sistem transportasi yang nyaman dan bisa menampung arus penumpang yang padat. Selain itu, halte stasiun kereta di Seoul dihias dengan apik sehingga menggambarkan Korea. Tak heran bila kereta bawah tanah di Seoul sering menjadi lokasi syuting drama Korea.

Tak hanya itu saja, sistem transportasi di Seoul juga dilengkapi dengan internet nirkabel gratis (Wi Fi), tempat duduk yang nyaman dan toilet yang bersih.

6. London, Inggris

The Tube, sebutan sistem transportasi di London, dikelola oleh kombinasi antara perusahaan swasta dan pemerintah. Sistem transportasi kota ini terdiri dari kereta bawah tanah, bis, tram, dan kereta.

Namun, sistem transportasi kota ini masih mempunyai beberapa masalah yaitu lini yang relatif lambat dan tidak gampang digunakan oleh orang awam.

7. Curitiba, Brasil

Di Ibu Kota negara bagian Parana, Brasil ini memiliki sistem transportasi yang eksklusif dan konsisten. Meskipun hanya menggunakan bus, namun sistem transportasi umum di negara tersebut lancar dengan jalur khusus bus dan juga halte-halte yang nyaman. Sistem pembayarannya juga sederhana, satu harga untuk semua tiket.Â

Kota tersebut mempunyai 2.100 armada bus dan bisa mengangkut 2,04 juta penumpang per hari dari 385 jalur yang mengelilingi kota tersebut. Sistem transport tersebut mempunyai 5.000 halte dan 29 halte transit. Sumbernya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *